Cara Sederhana Agar Main PUBG Mobile Tidak Lag

PUBG Mobile

PUBG Mobile sejak peluncurannya sudah banyak menyita perhatian para gamer mobile di seluruh dunia. Bahkan sampai saat ini PUBGM seolah tidak bisa dikalahkan untuk game dengan Battle Royale.

Memang ada beberapa game mobile dengan genre sama sebelum PUBGM diluncurkan. Tapi tetap saja tidak bisa mengalahkan PUBG Mobile yang notabene versi mini dari kiblatnya game battle royale saat ini.

PUBG Mobile yang dikembangkan oleh Tencent memang memiliki grafis di atas rata-rata untuk game sejenis. Namun begitu device yang digunakan pun harus sesuai agar grafisnya bisa dioptimalkan.

Tercatat untuk device Asus Zenfone Max Pro M1 settingan grafisnya mentok di HD dengan frame rate maksimal high.

Sedangkan untuk grafis mentok kanan (Ultra dan framerate Extreme) hanya bisa dimainkan di device high-end semacam iPhone 8 dan seri terbaru iphone.

Meskipun hanya dengan hp kentang, kita tentu masih bisa memainkan pubg mobile dengan lancar dan tidak lag dengan beberapa cara yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Boost RAM

Sepengalaman saya untuk memainkan pubg mobile dengan lancar setidaknya kapasitas RAM yang masih tersedia minimal 700 MB. Ingat, bahwa pubg mobile termasuk dalam kategori game berat. Jadi kapasitas RAM yang masih tersedia harus lumayan besar.

Ada banyak aplikasi boosting ram atau bahkan game booster agar ketika bermain game terasa lebih lancar dan tidak lag. Silahkan cari sendiri dengan kata kunci “game booster”, silahkan dicoba satu-satu mana yang lebih berpengaruh ke gameplay.

Matikan Service

Sebenarnya ini adalah cara manual dari boost ram. Caranya adalah kita menonaktifkan service yang berjalan di background. Ini cara yang saya gunakan dan efeknya lumayan terasa daripada menggunakan aplikasi game booster di play store.

Cara 1 :

  • Aktifkan mode pengembang (developer mode). Caranya hampir sama untuk semua hp android, tinggal masuk ke pengaturan – sistem/tentang telepon – tap sebanyak 7 kali di Build number (nomor bentukan)
  • Masuk ke developer option, selanjutnya masuk ke running services.

developer mode

    • Pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan, lalu klik Stop.

running services

Cara 2 :

Install aplikasi Greenify lewat play store. Aplikasi ini akan melakukan hirbernate atau memaksa aplikasi untuk berhenti dan otomatis akan mengurangi beban pada RAM.

  • Buka greenify, lalu pilih tanda plus di kanan atas.
  • Pilih aplikasi yang ingin di hibernate. (Pilih saja semua aplikasi kecuali bawaan android)

greenify app

  • Klik centang
  • Kembali ke halaman awal aplikasi. Pilih semua aplikasi yang ada di NOT HIBERNATING AUTOMATICALLY, PENDING MANUAL HIBERNATION, dan NO NEED HIBERNATE.

greenify app

  • Klik tombol ZZZ di pojok kanan atas dan greenify akan mulai meng-hibernate aplikasi yang sudah dipilih tadi.

Setelah itu kamu tinggal main PUBG Mobile apakah terasa ada perubahan atau tidak? jika tidak sepertinya kamu perlu ganti hp yang lebih baik lagi.

Salam.