4 Cara Merekam Audio Internal Android — Indtens

4 Cara Merekam Audio Internal Android

Kita semua pasti tahu bahwa di android untuk sekarang ini tidak bisa merekam suara internal seperti pada iPhone atau smartphone Samsung. Itulah kenapa kalian datang ke sini, kan?

Saat ini memang sangat sulit untuk record internal audio di android karena sudah dibatasi oleh system. Tapi Samsung dan beberap merek smartphone yang menggunakan android bisa melakukannya.

Untuk bisa merekam internal audio di android ada beberapa cara yang bisa digunakan dan sudah banyak yang mencobanya. Untuk itu akan saya rangkum di sini beberapa cara yang bisa digunakan untuk merekam suara internal android.

Cara ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin merekam gameplay dari game yang sedang dimainkan seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, dan game lainnya.

1. Root Android

Untuk kamu yang ponselnya sudah dalam keadaan root bisa menggunakan aplikasi screen recording Recme. Aplikasi ini (katanya) bisa merekam suara internal android. Tapi ponsel android wajib dalam kondisi root, setelah itu install juga plugin yang disediakan agar bisa merekam suara internalnya.

2. Mic Loopback

Cara kedua adalah dengan memodifikasi earphone agar suara yang keluar dari earphone bisa masuk lagi lewat mic dan terekam di screen recorder-nya.

Caranya adalah harus memotong kabel earphone yang ada microphone-nya. Dari situ kamu akan menemukan kabel microphone, dan kabel speaker (kanan-kiri). Lalu sambungkan kabel speaker dengan kabel microphone. Tujuannya agar suara yang keluar dari speaker bisa langsung diterima oleh mic.

Namun dengan cara ini kemungkinan kamu tidak bisa menggunakan speaker earphone untuk mendengarkan suara.

Tutorial mic loopback bisa dilihat di sini.

3. Pakai PC atau Laptop

Cara sedikit ribet tapi bisa dijamin berhasil merekam suara android dengan jernih. Alat yang perlu disediakan adalah: Kabel audio male-to-male 3.5mm, PC atau Laptop, ponsel android.

  • Sambungkan kabel audio male-to-male dari android ke port microphone pada PC atau Laptop
  • Lalu rekam audionya dengan software perekam seperti Audacity
  • Rekam gameplay pada android
  • Edit hasil video dan audio di PC atau di android, terserah.

4. Earphone Mobizen

Ini adalah cara terakhir dan cara paling menguras dompet. Ya, cara ini mungkin yang paling mudah digunakan tapi kamu harus rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan Earphone Mobizen.

mobizen

Dengan earphone ini kamu bisa merekam audio internal serta microphone dengan sekaligus dan hasilnya pun pasti jernih.

Earphone mobizen bisa kamu temukan dan beli dari ebay, linknya di sini.

Nah, itulah keempat cara merekam audio internal pada smartphone android yang bisa kamu coba. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan uang silahkan coba cara nomor 1 sampai 3.

Tapi jika kamu punya cukup uang bisa kamu coba membeli earphone mobizen atau jika kamu cukup kaya, coba ganti ponsel semacam iPhone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.