Fitur Baru Telegram yang Bisa jadi Berbahaya

Telegram, sebuah aplikasi pesan instan layaknya Whatsapp baru saja merilis fitur baru bernama ‘Unsend Anything‘. Fitur ini memungkinkan pengguna menghapus sebuah pesan baik yang dikirim ataupun diterima olehnya tanpa ada batasan waktu.

Fitur ini bisa menjadi berbahaya karena pesan yang dihapus bukan hanya yang dikirim penggunanya. Pesan yang diterima bisa dihapus bukan saja diperangkatnya, tapi juga bisa dihapus diperangkat si pengirim pesan tersebut.

Fitur ini bisa saja akan disalah gunakan oleh seseorang yang punya niat jahat karena dia bisa menghilangkan jejat riwayat pesan yang pernah dia atau orang lain kirimkan.

Fitur Unsend sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan sejak 2 tahun lalu, namun masih dibatasi selama 48 jam. Pada pembaruan kali ini fitur Unsend tidak memiliki limit waktu. Jadi kita bisa menghapus pesan apapun.

Fitur ini juga bisa dipakai di private chat dan akan menghapus di kedua perangkat baik si pengirim ataupun penerima pesannya hanya dengan dua tap.

Pesan yang sudah dihapus pun tidak akan bisa dikembalikan dengan cara apapun.

Telegram memang dikenal sebagai platform pesan instan yang sangat menghargai data pribadi penggunanya dan tidak akan pernah memberikan data-data penggunanya ke pihak ketiga manapun.

Tags