Sedikit Alasan Mengapa Telegram lebih baik dari WhatsApp — Indtens

Sedikit Alasan Mengapa Telegram lebih baik dari WhatsApp

Indtens.com – Beredar kabar bahwa Telegram akan diblokir oleh pemerintah Indonesia. Dikatakan banyak yang menggunakan aplikasi chat saingan WhatsApp ini dengan maksud “terselubung”. Entahlah!

Mungkin masih ada yang belum merasakan bahwa sejatinya Telegram lebih baik dari WhatsApp. Setidaknya itu menurut saya.

Bahkan salah satu pengguna Telegram di Indonesia “bersedih” dan mengadu kepada Pavel Durov, CEO Telegram langsung melalui twitter dan ditanggapi langsung oleh sang CEO.

Dalam twitter-nya Pavel mengatakan belum menerima pemberitahuan ini dan akan menginvestigasi rencana pemerintah Indonesia ini.

Tentang rencana pemerintah untuk memblokir Telegram dengan alasannya yang membuat saya geli ini, sebenarnya Telegram lebih baik dan berguna dibanding WhatsApp. Menurut saya! Apa itu? Inilah beberapa alasannya.

Security – Secret Chat

Secara keamanan, Telegram lebih aman dibanding WhatsApp. Itulah kenapa Telegram sering dijadikan media komunikasi para teroris (katanya), dan karena itulah alasan pemerintah ingin memblokir Telegram.

Telegram menggunakan end-to-end encryption untuk mengamankan pesan penggunanya. Tapi, ini hanya digunakan di secret chat. Tidak disemua chat. Bukannya WhatsApp juga punya. Iyaps, tapi telegram lebih dulu menggunakan end-to-end encryption ini. Dengan kata lain, yang ada pada whatsapp adalah contekan dari telegram

Self Chat

Di Telegram kamu bisa mengirim pesan ke akunmu sendiri. Lalu apa gunanya? fitur yang seperti ini sebenranya sangat berguna.

Misal, saya buka Telegram via Dekstop/Web, lalu ingin menyimpan file ke handphone. Kamu tinggal kirim file di dekstop menggunakan fitur ini, lalu simpan file tadi via handphone. Asik kan!

Self Destruct Message

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur waktu kapan pesan yang dikirimkan akan terhapus otomatis.

Bot

Ini salah satu fitur yang paling saya suka. Di telegram kamu bisa membuat BOT sendiri dengan syarat kamu paham bahasa pemrograman. Karena AI dari bot telegram ini bisa dibuat dengan beberapa bahasa pemrograman. WhatsApp masih belum memiliki fitur ini.

Beberapa aplikasi chatting yang sudah support BOT adalah Line, Facebook Messenger, Slack, dan Telegram tentunya.

Grup

Saya adalah pengguna telegram yang dikhususkan untuk ‘berkumpul’ dengan programmer lain juga menggunakan telegram untuk tujuan yang sama. Di telegram kamu bisa join di grup atau channel mana saja.

Beda lagi dengan WhatsApp yang grupnya bisa dikatakan bersifat rahasia. Kamu hanya bisa join di sebuah grup WhatsApp jika diundang oleh adminnya sendiri.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur lagi yang menarik dari Telegram ini. Berhubung website telegram sendiri sudah diblokir oleh pemerintah, jadi lima alasan diatas yang menurut saya bisa mewakili mengapa Telegram lebih baik dari WhatsApp.

Ini hanya sekadar opini dari seorang pengguna Telegram yang tujuannya untuk mencari ilmu. Karena jujur saja banyak grup atau channel yang bermanfaat di telegram yang siapa saja bisa ikut berpartisipasi di dalamnya.

Sekali lagi ini hanya opini saya, dan jangan lupa support petisi untuk membatalkan pemblokiran telegram di sini: https://www.change.org/p/kementerian-komunikasi-dan-informatika-ri-batalkan-pemblokiran-aplikasi-chat-telegram

Share this...