Kekurangan Asus Zenfone Max Pro M1 sebagai Smartphone Gaming

Asus zenfone max pro m1

Sejak pertama kali diperkenalkan, asus menyebut seri Asus Zenfone Max Pro M1 sebagai hp gaming dengan harga murah. Tak heran banyak orang yang tergiur dengan hp ini terutama untuk para mobile gamer, termasuk saya.

Bagaimana tidak, dengan prosesor Snapdragon 636 dan RAM 3/4 GB cuma dihargai di bawah 3 jutaan (saat pertama kali diluncurkan) sudah bisa memainkan game berat semacam PUBG Mobile dengan settingan lumayan tinggi.

Tapi, banyak juga yang kecewa dengan hp ini. Sejak pertama kali diluncurkan, kualitas kamera adalah yang paling mengecewakan. Tapi sejak dirilis, Asus sudah rajin memberikan update termasuk pada peningkatan kualitas kamera.

Tapi bagi saya yang sudah sebulan menggunakan Zenfone Max Pro M1 ini masih menemukan beberapa fitur yang semestinya ada di hp gaming dan ini tidak ada di Zenfone Max Pro M1.

Game Mode

Zenfone Max Pro M1 tidak memiliki fitur game mode. Sebagai hp gaming tentu fitur ini sangat diperlukan untuk memaksimalkan pengalaman bermain di hp gaming.

Di beberapa model smartphone di merek lain bahkan sudah ada fitur game mode yang didalamnya bisa block semua jenis notifikasi. Jadi tidak akan terganggu munculnya notifikasi ketika sedang asik ngegame.

Selain itu mestinya game mode bisa memaksimalkan kinerja hardware agar ketika ngegame lancar tidak lag.

Di Asus Zenfone Max Pro M1 semua ini tidak ada. Gak cocok disebut sebagai smartphone gaming.

Screen Recorder

Bagi beberapa mobile gamer fitur ini lumayan berguna untuk merekam gameplay. Tapi maaf, di Max Pro M1 tidak ada aplikasi screen recorder bawaan yang bisa mendukung aktifias ngegame.

Memang kita bisa memakai aplikasi pihak ketiga untuk merekam layar semacam Mobizen, DU Recorder, dan semacamnya yang bisa didownload dari Playstore.

Semua aplikasi screen recorder sudah saya coba dan tidak ada yg cocok sama sekali. Misal, tidak bisa record internal audio, performa hp yang menurung ketika record sambil ngegame.

Beda dengan Xiaomi dan Samsung yang punya screen recorder bawaan dan bisa record dengan lancar dan tentunya bisa rekam internal audio.

Kesimpulan

Dari kedua kekurangan yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya Asus Zenfone Max Pro M1 sudah sangat nyaman dibuat bermain game-game yang lumayan berat semisal PUBG Mobile. Apalagi dengan harga yang murah.

Tapi sekali lagi bagi beberapa orang kedua fitur di atas sangat diperlukan khususnya untuk Game Mode, minimal ya bisa nge-block notifikasi.

 

Sumber gambar:

https://www.yugatech.com/mobile/asus-zenfone-max-pro-m1-review