9/03/2018

Awas, Sekarang Android bisa Kena Cryptojacking!


Jika kamu merasa akhir-akhir ini ponselmu ada yang beda, berhati-hatilah. Mungkin ponselmu sudah dijangkiti malware Cryptojacking.





Maksud berbeda di sini adalah ponselmu mulai terasa panas, baterei yang mulai sering boros dan mendadak lemot, padahal cuma dipakai biasa saja.





Berbeda jika ponselmu dibuat ngegame dan terasa lemot, panas, dan boros batereinya. Mungkin kamu perlu ganti ponsel yang baru. Mungkin!





Jika kamu merasa ada yg beda pada ponselmu seperti yang disebutkan di atas, kamu perlu khawatir. Sebab itu bisa saja ponselmu sudah 'dikuasai' oleh Cryptojacking.





Cryptojacking adalah pembajakan terhadap ponsel dan menjadikan ponsel tersebut sebagai tambang cryptocurrency. Apa itu cryptocurrency? silahkan googling sendiri.





Baca: Fitur Samsung Galaxy Note 9





Sebenarnya menjadikan ponsel sebagai tambang cryptocurrency bisa dibilang mustahil dilakukan. Tapi, di sini si pembajak ini tak hanya menggunakan satu ponsel sebagai tambang. Melainkan menggunakan sangat banyak ponsel yang juga dibajak dan digabungkan agar bisa digunakan.





Sebuah aplikasi yang sudah ditemukan cryptojacking di dalamnya adalah game dengan nama Bug Swasher dan sudah didownload lebih dari 1 juta kali di Play Store.





Sebenarnya google juga sudah melakukan bersih-bersih aplikasi penambang cryptocurrency dari Play Store. Namun, dari temuan di atas, sepertinya google juga kesulitan mengetahui aplikasi mana saja yang terjangkit malware.





Nah, tips agar ponselmu tidak dijadikan tambang cryptocurrency adalah memastikan agar selalu update OS yang tersedia. Install aplikasi anti virus, dan yang paling penting jangan menginstall aplikasi dari yang sumber yang tidak jelas.





Pastikan hanya menginstall aplikasi dari Play Store.





Sumber: detik.com, essaywriting.expert


Tidak ada komentar: