microsd

Begini Caranya Mengubah MicroSD jadi Memori Internal

MicroSD - Androidpit

Keberadaan MicroSD sebagai memori external pada sebuah Smartphone memang begitu penting, dengan adanya benda ini dapat menambah kapasitas penyimpanan demi mengurangi resiko penuhnya memori internal pada sebuah smartphone.

Untuk smartphone dengan kategori murah pastinya hanya dibekali dengan kapasitas memori yang kecil, sehingga untuk menginstal aplikasi mungkin sangat terbatas apalagi buat menjalankan game yang butuh memori besar. Namun ada beberap cara untuk menambah kapasitas memori dengan car membuat MicroSD menjadi memori internal.

Untuk para pengguna smartphone android dengan OS V.6.0 (Marshmallow) kalian bisa mengubah MicroSD anda menjadi memori internal. karena pada OS Marshmallow sudah dibekali dengan fitur Adoptable Storage.

fitur Adoptable Storage sendiri ditujukan untuk smartphone di negara berkembang yang rata-rata memiliki penyimpanan internal 4 hingga 8 GB.

namun untuk para pengguna Samsung  fitur ini tidak disematkan  pada smartphone flagship terbarunya, Samsung Galaxy S7 Edge dan Galaxy S7. Hal ini disebabkan karena menurut pihak Samsung, microSD menjadi tidak fleksibel dikarenakan harus diformat terlebih dahulu dan selanjutnya dienkripsi.

Caranya Mengubah MicroSD jadi Memori Internal

Yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu adalah siapkan memori MicroSD yang berkualitas dan memiliki kapasitas yang besar, Backup semua data yang ada memori tersebut karena pada prosesnya nanti MicroSD akan di format ulang.

Jika sudah, langsung saja kita mulai step by stepnya :

  • masukan microsd ke smartphone kamu
  • lalu menuju ke setting -> menu storage(penyimpanan)
  • pada bagian microsd mu pilih menu storage setting di bagian titik tiga pojok kanan atas.
  • lalu pilih “ Format as Internal

  • Nah, nanti muncul pemeberitahuan pilih Erase & Format

Nah itu tadi caranya, simple kan, dengan begini memori internal jadi lebih luas dan bisa leluasa mengiinstal aplikasi maupun game di smartphone kamu. Namun perlu di ingat dengan menjadikan MicroSD sebagai memori internal maka kamu tak bisa melepas microsd begitu saja jika tak ingin memori kamu rusak.

itulah sedikit tips dan trik mengubah  memori external menjadi internal pada smarphone android,  semoga bermanfaat.