7/18/2017

Tutorial Vim [Part 1] : Pengenalan

INDTENS.COM - Vim (Vi IMproved) bisa dibilang sebuah teks editor yang bisa bekerja/berjalan dalam terminal. Mungkin bagi kamu yang bekerja sebagai tukang koding, sebuah software teks editor sangatlah penting. Kalau bisa teks editornya secanggih mungkin.

Notepad++, Sublime, Aptana, Eclipse, dan editor-editor lainnya yang sudah canggih tentu sudah biasa bagi kamu untuk digunakan. Tapi jika kamu suka tantangan dengan hal-hal yang baru, cobalah ngoding menggunakan Vim.

Begitupun dengan saya yang pertama kali mencoba vim, bingung bukan main. Bagaimana cara nulis di vim? Perlu diketahui, dalam menggunakan vim ada beberapa mode yang akan sering dipakai. Mode normal dan insert.

Pada mode normal digunakan untuk navigasi dan manipulasi teks saja, tidak bisa menulis. Lalu bagaimana jika ingin menulis? jawabannya adalah masuk dulu ke mode insert. Caranya, pada mode normal, tekan tombol I pada keyboard. Otomatis kamu sudah masuk ke mode insert, dan sudah bisa menulis.

Tandanya jika sudah masuk ke mode insert adalah lihat pojok kiri bawah terminal, akan ada tulisan INSERT di sana.

[caption id="attachment_101" align="aligncenter" width="557"]Insert mode vim Insert mode vim[/caption]

Vim secara default sudah tersedia pada sistem operasi Unix based seperto Linux atau OS X. Nah, kebetulan yang saya pakai di gambar atas adalah vim versi grafis di sistem operasi Windows. Jika ingin mencoba vim versi grafis di Windows bisa download dan install di sini.

Daripada menggunakan vim versi grafis, mending kita coba vim versi terminal-nya. Dijamin lebih menantang!

Pengenalan tentang Vim mungkin cukup sekian, kita lanjutkan di Part 2 nanti. Insya Allah :)

Tidak ada komentar: