7/28/2017

Amankah Kalau Sering Cabut USB tanpa di Eject?

Indtens.com - Mungkin setiap orang sering melakukan hal ini, mencabut USB tanpa di eject terlebih dahulu. Dengan berbagai alasan ada yang karena terburu-buru, terlalu lama kalau pakai eject segala, dll. Sekerang pertanyaanya "Bolehkah USB langsung dicabut dari drive? apakah aman? atau ada hal yang dapat merugikan?" berikut admin kasih sedikit penjelasan.

Dikutip dari lifehacker.com, Bagi kita para pengguna Mac dan Linux akan selalu ada pemberitahuan/ pilihan untuk mengeluarkan USB, Sementara untuk pengguna Windows terkadang memang tidak selalu ada pilihan eject pada drive, pada Windows biasanya ada ikon menu pada pojok kanan bawah yaitu "Safely Remove Hardware", pilih drive anda yang mau dilepas, lalu lepaskan dengan aman.

Sebenarnya mencabut USB tanpa di eject tidaklah aman, dengan mencabut USB langsung data didalamnya bisa rusak atau data corrupt.

Pada saat USB tersambung dengan komputer, sistem akan menunggu sampai jumlah permintaan terpenuhi misalnya masih dalam proses pemindahan file. Nah, ketika semua tugas sudah selesai, tombol "eject" ini akn berfungsi untuk memberitahu komputer bahwa permintaan telah selesai, dengan demikina maka data akan aman.

Pasti kalian tidak mau kan data penting anda yang anda simpan jadi rusak, apalagi itu data pekerjaan atau kuliah yang sangat penting dan anda lupa membackup data tersebut. Nah, mulai sekrang berhati-hati dalam menggunakan USB atau Drive lain macam Hardisk. Biasakan meng-eject dulu sebelum di lepas.

 

Tidak ada komentar: